UIN Walisongo Menerjunkan Tim KKN Untuk Mengabdi di Kabupaten Semarang

Ditulis oleh root Pada 2017-04-07 18:15:00


Semarang - Sebanyak 586 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang diterjunkan ke empat kecamatan di Kabupaten Semarang. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan ke 68 yang dilaksanakan pada 29 Maret sampai dengan 12 Mei 2017. 

Di Kecamatan Sumowono mahasiswa ditempatkan di 15 Desa. Di Kecamatan Bandungan ada 8 Desa dan 1 Kelurahan. Di Kecamatan Banyubiru ada di 10 Desa. Sementara di Kecamatan Getasan ditempatkan di 13 Desa. 

Rektor UIN Walisongo, Prof Dr H Muhibbin Mag, dalam apel pelepasan, menyampaikan kepada para mahasiswa KKN untuk selalu menjaga nama baik almamater dengan selalu berupaya mengabdi sebaik-baiknya kepada masyarakat. Ia berharap potensi yang ada di desa dapat dimaksimalkan dan sumber daya yang ada dapat diberdayakan semaksimal mungkin. 

Selain itu, “Jaga pergaulan dengan masyarakat agar bisa membaur dengan warga. KKN ini dilakukan tidak hanya sebagai bagian dari tugas akademis saja, melainkan juga sebagai bentuk advokasi bagi masyarakat. Salah satunya dengan memberdayakan masyarakat melalui program posdaya di lokasi KKN masing-masing” kata Wakil Rektor 1, Dr. H. Musahadi, M.Ag, dalam sambutan atas nama Rektor di Kantor Bupati Semarang. 

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Dr. H. Sholihan M.Ag menyampaikan bahwa dalam KKN ini ada 47 posko atau kelompok dari lintas fakultas. Jumlah peserta sebanyak 586, terdiri 161 laki-laki dan 425 perempuan. Jumlah itu terbagi dalam Fakultas Dakwah dan Komunikasi 118 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 31 mahasiswa, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 196 mahasiswa, Fakultas Syariah dan Hukum 92 mahasiswa, Fakulats Sains dan Teknologi 101 mahasiswa dan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora 48 mahasiswa.